Posted by: SDN Pondok Bambu 10 Pagi | March 5, 2010

Mau Ujian Sekolah? Try Out Online Dulu Yuk

Jakarta – Uji coba ujian atau yang lebih dikenal dengan sebutan try out tak hanya bisa dilakukan di ruang kelas. Lewat internet pun para siswa bisa mengikutinya. Jadi materi yang dibahas dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Sarana pembelajaran online untuk uji coba Ujian Nasional 2010 ini salah satunya dibesut Primagama yang bekerja sama dengan Microsoft. Semua pelajar di Indonesia mulai dari tingkat SD, SLTP dan SLTA dapat mengaksesnya secara cuma-cuma di www.primagamaplus.com.

Layanan ini menyediakan fasilitas yang bertujuan memandu pelajar agar dapat belajar secara mandiri dan mempersempit kesenjangan kualitas bahan pembelajaran yang banyak terjadi di pelosok Indonesia.

Menurut Ananta Gondomono, Academic Program Manager yang menjalankan program Partners in Learning di Microsoft Indonesia, dalam situs ini Microsoft akan menyediakan seluruh sistem dan aplikasi sedangkan Primagama bertanggung jawab dalam penyediaan konten.

Pembelajaran online memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah sistem belajar online tidak terikat oleh waktu dan tempat, serta memiliki jangkauan yang sangat luas.

“Interaksi para pelajar dengan media pembelajaran maupun pengajar dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja selama mereka memiliki jaringan internet,” imbuh Adam Primaskara, General Manager Primagama, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Jumat (5/3/2010).

Adapun sarana yang disediakan di primagamaplus.com adalah video tutorial dari para instruktur Primagama, sehingga pelajar dapat memilih dan mempelajari materi-materi yang belum dipahami serta interaksi siswa secara langsung dengan para instruktur melalui video conference maupun instant messaging.

Media pembelajaran online ini diklaim lebih mudah dan murah, karena para pelajar tidak perlu datang ke tempat tertentu dan mengeluarkan ongkos transportasi, tetapi belajar dapat dilakukan di rumah.

Seluruh siswa calon peserta Ujian Nasional diberi kesempatan untuk melakukan uji coba sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang materi-materi yang akan keluar dalam ujian nasional 2010.

Selain itu para peserta tidak hanya mengetahui total nilai yang telah mereka capai, tapi dapat mengetahui peringkat sesama peserta try out, baik yang berada di wilayah kabupatan/kota, propinsi, dan nasional.
( ash / fyk )

Ardhi Suryadhi – detikinet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: