Posted by: SDN Pondok Bambu 10 Pagi | October 27, 2009

Pendidikan Holistis, Penyempurna Karakter Anak

Aspek moral, kreativitas, dan inovasi anak tidak mungkin tersentuh metode pendidikan konvensional. Maka itu, perlu metode penyeimbang bernama pendidikan holistis.

Selama ini pendidikan formal hanya terfokus pada kecerdasan intelektual siswa. Berkutat dengan buku bacaan dan hafalan. Hanya mengandalkan dan mengasah kemampuan otak kiri. Padahal metode tersebut tidak akan membentuk karakter utuh sang siswa.

Maka itu diperlukan metode penyeimbang, yakni dengan memasukkan nilai-nilai moralitas, kreativitas, dan inovasi yang memicu kerja otak kanan. Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan pelajaran budi pekerti. Apalagi sebuah penelitian menyebutkan bahwa peran otak kiri hanya mendongkrak empat persen keberhasilan seorang siswa. Sisanya, merupakan peran otak kanan.

Sayangnya, pola pendidikan yang mendukung perkembangan otak kanan siswa kurang diperhatikan di Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan emosi dan kepribadian menjadi manusia bijak jadi terabaikan.

Selain itu, pola pendidikan di Indonesia cenderung mengarah pada transfer of knowledge daripada unsur membimbing dan mengenali jati diri seorang siswa. Termasuk unsur kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Melihat problem tersebut, maka perlu sebuah metode pendidikan menyeluruh. Yang menyentuh fungsi otak kiri dan otak kanan secara seimbang. Jawabannya ada pada pendidikan holistis yang memiliki unsur pendidikan budi pekerti seperti di atas tadi.
mer/L-4

Sumber : Koran Jakarta, 18 Februari 2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: