Posted by: SDN Pondok Bambu 10 Pagi | September 14, 2009

SMA Gratis Belum Bisa Diterapkan

Wacana untuk menerapkan sekolah gratis tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2010 nampaknya sulit terealisasi. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan lebih fokus meningkatkan kualitas pendidikan SMA ketimbang kuantitasnya. Sehingga tingkat kelulusan siswa SMA di DKI Jakarta semakin baik dan mampu menembus ujian masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia.

“Saya akan konsentrasi memperbaiki kualitas pendidikan 9 tahun dulu. Karena kondisi kegiatan pendidikan di Jakarta berbeda dengan daerah lain. Jakarta tidak mencari kuantitas, tetapi mencari kualitas,” kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Kamis (10/9).

Kualitas tinggi itu terbukti dengan tingkat kelulusan siswa sekolah baik SD, SMP dan SMA di Jakarta hampir mencapai 100 persen. Tidak hanya itu, terdapat prosentasi cukup tinggi siswa SMA yang diterima di perguruan tinggi negeri di Jakarta maupun di provinsi lain. “Tingkat kelulusan sekolah di Jakarta juga sangat tinggi. Jadi itu yang harus kita kejar. Bukan gratisan, tetapi kualitasnya,” tegas Bang Fauzi.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, wacana untuk menerapkan sekolah gratis untuk tingkat SMA sejatinya usulan yang bagus. Namun, dalam penerapannya harus mempertimbangkan berbagai aspek terkait, salah satunya soal anggaran. Apalagi, kebutuhan pendidikan tingkat SMA umumnya lebih besar daripada biaya pendidikan tingkat SD dan SMP.

“Kami masih mengkaji sesuai dengan target kami merintis wajib belajar 12 tahun. Namun hal itu harus diperhitungkan secara matang dan dikaitkan dengan kemampuan keuangan. Fokus kami sudah memenuhi kewajiban UU yang menyebutkan tentang wajib belajar 9 tahun,” kata Taufik Yudhi Mulyanto.

Meski belum bisa memberlakukan SMA gratis, namun Pemprov DKI telah mengalokasikan anggaran 22 persen dari total APBD DKI, yaitu dalam bentuk BOP untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Seperti diketahui, wacana ini muncul dari Wakil Ketua Sementara DPRD DKI, Triwisaksana. Ia mengatakan, DPRD DKI akan mengusulkan agar biaya pendidikan sekolah tingkat SMA di Jakarta digratiskan mulai tahun depan. Tujuannya agar memberikan peluang belajar yang sama pada warga di Jakarta terutama pada warga yang tidak mampu. (beritajakarta)

Sumber : Disdik DKI


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: