Posted by: SDN Pondok Bambu 10 Pagi | July 28, 2009

Mendiknas : Mutu Pendididikan di Indonesia Bersaing

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo mengatakan, mutu pendidikan di Indonesia tidak kalah dengan mutu pendidikan di negara-negara Asean yang ditunjukkan dengan seringnya pelajar Indonesia meraih medali pada olimpiade sains internasional.

“Ini menunjukkan pelajar dan guru di Indonesia cerdas,” kata Bambang Sudibyo.

Dikatakannya, guru-guru yang mendidik para pelajar menjadi cerdas dan menjuarai olimpiade sains mendapat pelatihan di pusat pelatihan guru yang berada di beberapa daerah di Indonesia.

Kondisi ini, katanya, menunjukkan kemampuan guru dan kualitas pendidikan di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara anggota Asean (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara).

Dengan pertimbangan tersebut, katanya, ketika menjadi Presiden Organisasi Menteri Pendidikan Se-ASEAN (SEAMEO/South East Asian Ministers of Education Organization) dua tahun lalu, ia mengusulkan tiga lokasi pusat pelatihan guru untuk direkomendasi menjadi “regional center SEAMEO”.

Regional center SEAMEO” yakni menjadi pusat pelatihan guru untuk guru-guru dari negara anggota Asean termasuk Timor Leste.

“Usulan tersebut diterima pada kongres SEAMEO di Pukhet, Thailand, pada Maret 2008 dan diresmikan pengoperasiannya saat ini,” kata Bambang.

Dengan diresmikannya tiga pusat pelatihan guru menjadi “regional center SEAMEO” maka organisasi menteri-menteri pendidikan se-Asean ini memiliki 18 regional center, enam di antaranya ada di Indonesia.

“Sebelum saya menjadi menteri pendidikan, di Indonesia sudah ada tiga `regional center SEAMEO`,” katanya.

Ketika Bambang Sudibyo menjadi Presiden SEAMEO Council, ia melihat regional center di negara-negara Asean lainnya, kualitasnya sama saja dengan pusat pelatihan guru di Indonesia.

Karena itu ia mengusulkan tiga pusat pelatihan guru, yakni pusat pelatihan sains di Bandung, pusat pelatihan matematika di Yogyakarta, serta pusat pelatihan bahasa di Jakarta, yang telah direkomendasi dewan SEAMEO.

Menurut dia, Indonesia masih memiliki sembilan lagi pusat pelatihan guru di beberapa daerah di Indonesia yang kualitasnya sama dengan “regional center” di negara Asean lainnya.

“Suatu saat sembilan pusat pelatihan tersebut bisa di `upgrade` dan diusulkan menjadi `regional center` SEAMEO,” katanya.

Ke-11 negara Asean yang menjadi anggota tetap SEAMEO Council yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste serta tujuh negara lain yang tergabung dalam asosiasi yakni, Australia, Belanda, Jerman, Perancis, Kanada, Selandia Baru, dan Norwegia.(Nit/AT/Berita8.com)

Sumber : Disdik DKI (Selasa, 28 Juli 2009)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: