Posted by: SDN Pondok Bambu 10 Pagi | July 10, 2009

Depdiknas Luncurkan 376 Buku Elektronik

JAKARTA – Depdiknas, melalui Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP), akan meluncurkan 367 judul buku sekolah elektronik (BSE) pada tahun ajaran baru ini. Buku-buku itu terdiri atas pendidikan jasmani kesehatan, pendidikan kesenian, dan teknologi informasi komunikasi (TIK). Buku-buku itu diperuntukan bagi siswa SD hingga SMA. Depdiknas telah membeli hak cipta buku-buku itu Rp 100 juta hingga Rp 175 juta.

Ketua BSNP Prof Mungin Eddy Wibowo mengatakan, pihaknya telah melakukan penilaian terhadap 1.087 judul buku. Di antara jumlah itu, terpilih 376 judul buku yang hak ciptanya dibeli Depdiknas. Setelah itu, buku-buku tersebut bisa diakses dengan mudah oleh siswa melalui website http://www.bse.depdiknas.go.id. ”Guru maupun siswa bisa mengakses dan mencetak buku-buku itu,” terang Mungin kemarin.

Sebagian di antara buku-buku itu akan diedarkan di daerah-daerah terpencil yang kesulitan mengakses teknologi komputer. ”Atau, menjangkau daerah yang ma­sya­rakatnya masih awam teknologi komputer,” jelasnya.

Sebab, tidak dimungkiri bahwa program pemerintah meluncurkan BSE terhambat lan­taran tak semua insan pendidikan bisa mengakses buku tersebut. Bahkan, boleh di­bilang masih relatif sedikit. ”Buku-buku itu bisa dijual sekolah ke peserta di­dik dengan syarat harga terjangkau. Se­tidaknya mengganti ongkos biaya cetak. Sebab, royaltinya sudah kami beli,” ungkap Mungin. Dia menegaskan, sekolah tidak diperbolehkan mencari keuntungan dengan memperjualbelikan BSE yang sudah dicetak.

Saat ini 407 judul buku pelajaran masuk jaringan pendidikan nasional (jardiknas). Buku-buku itu bisa diakses gratis oleh ma­syarakat. Juga dicetak oleh percetakan dan dijual dengan harga sepertiga dari bu­ku pelajaran di percetakan. Alokasi ang­­garan untuk pembelian buku yang di­sediakan Depdiknas dalam APBN menca­pai Rp 46 miliar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: